Jumat, 30 Januari 2009

Materi II


Masalah, Ruang, Dan Pencarian

Sistem AI :

Input --> Komputer(Pengetahuan dan Motor Inferensi) --> Output (jawaban, solusi)


Masalah


Untuk membangun sebuah system yang mampu menyelesaikan suatu masalah, perlu dipertimbangkan 4 hal :

  1. Mendefinisikan masalah dengan tepat.

    • Spefikasi yang tepat mengenai keadaan awal.

    • Solusi yang diharapkan.

  2. Manganalisis masalah serta mencari beberapa teknik penyelesaian masalah yang sesuai.

    1. Merpresentasikan pengetahuan yang perlu untuk menyelesaikan masalah.
  3. Memilih teknik penyelesaian masalah yang terbaik.


Masalah Sebagai Ruang Keadaan


  • Misal permasalahan yang dihadapi adalah permainan catur.

  • Maka harus ditentukan :

    • Posisi awal pada papan catur.

    • Aturanaturan untuk melakukan gerakan secara legal.

    • Tujuan (goal).

  • Posisi awal selalu sama.

  • Aturanaturan untuk melakukan gerakan secara legal :

    • Aturanaturan sangat berguna untuk menentukan suatu bidak.

    • Untuk mempermudah : (a,b,c,d,e,f,g,h) untuk bidak horizontal, (1,2,3,4,5,6,7,8) untuk bidak vertical.



Ruang keadaan (State Space) : suatu ruang yang berisi semua keadaan yang mungkin.
  • Sehingga secara umum untuk mendeskripsikan masalah dengan baik, harus :

    • Mendefinisikan suatu ruang keadaan.

    • Menetapkan satu atau lebih keadaan awal.

    • Menetapkan satu atau lebih tujuan.

    • Menetapkan kumpulan aturan.

  • Ada beberapa cara untuk merepresentasikan ruang keadaan :

    • Graph keadaan.

    • Pohon pelacakan.

  • Penyelesaian :

  1. Identifikasi ruang keadaan

  2. Keadaan awal.



1 komentar:

  1. makasih mass infonya..
    Daftar Web yang menyediakan info seputar bola,
    prediksi bola ter-update..
    berita bola TERBARU DAN TERPERCAYA ada di pastibet.com , bola368.com , bola368.net , bola368.org
    Buruan Gabung..!!

    BalasHapus

UKSW
SIASAT UKSW

LK_FTI